HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION

Penulis

  • Emmelia Astika Fitri Damayanti Akademi Keperawatan Yaspen Jakarta
  • Chintia i Kartika
  • Hidayah Hidayah
  • Ignasia Nila Siwi
  • Andra Saferi Wijaya
  • Yenni Kristiana
  • Pamulatsih Dwi Oktavianti
  • Martina Ekacahyaningtyas

Abstrak

Abstrak

Kerjasama antar elemen dapat diterapkan dalam bidang pendidikan melalui Inter-Professional Education (IPE). IPE melatih sivitas akademika untuk belajar tentang mekanisme kerja dalam tim dengan anggota yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, bertanggungjawab, berkomunikasi dengan pimpinan dan anggota tim, dan belajar tentang keilmuan, sikap dan nilai dari masing-masing anggota tim. Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengetahui persepsi dan kesiapan dosen mengenai penyelenggaraan IPE. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 14 orang dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang bulan September sampai dengan Desember 2013. Hasil penelitian didapatkan Sebagian besar responden penelitian memiliki persepsi yang baik dan kesiapan yang baik terhadap IPE. Ada hubungan antara persepsi dengan kesiapan dosen terhadap IPE. Institusi pendidikan disarankan untuk mulai mengembangkan model pembelajaran IPE dalam kurikulum pendidikan karena sebagian besar dosen memiliki persepsi yang baik dan kesiapan yang baik dalam pembelajaran IPE.

Kata Kunci: Interprofessional Education, persepsi, kesiapan, dosen

Diterbitkan

2022-09-05